Senin, 04 Maret 2013

The 7 Habits of highly Effective People

Kategori:
Buku
JenisNonfiksi
Penulis:Stephen Covey
Siapa yang tidak tahu dengan satu sosok ini? Stephen Covey dengan bukunya yang terkenal itu 7 Habits of highly effective people. Salut dengan ide-ide briliannya yang dituang dalam tulisan-tulisan sehingga banyak orang yang terinspirasi dengan ide-idenya itu. Saya suka sekali kalau lihat sosoknya yang botak itu, dengan senyum yang sepertinya tidak pernah lepas dari wajahnya itu.

Dulu saya kenal Uncle Stephen ini dari Bibi ku tercinta, asalnya buku nya minjem dulu punya Bibi ku itu, lama kelamaan kok bisa dijadikan sebagai salah satu refensi dalam kehidupan saya ya? Jadilah saya beli buku itu pas awal-awal masuk dunia perkuliahan. Buku ini selalu kubawa kemana-mana, seperti sekarang ini juga, pas mudik kemaren baru sempat nyelipin ini buku diantara buku-buku baru untuk teman saya disini.
Saya mau kupas selintas aja, isi buku dari 7 habbits of highly effective people ini. Ada tujuh kebiasaan buat manusia untuk dijadikan pedoman dalam hidup ini. Kenapa kebiasaan? kenapa engga tips gitu atau how to? nah ini dia yang menariknya.
Sesuatu hal yang baru, ketika menjadi kebiasaan akan lebih susah untuk dilupakan atau bahkan dihilangkan dalam kehidupan kita. Makanya dikatakan dalam buku ini, ada tujuh kebiasaan manusia yang sangat efektif untuk kita terapkan dalam kehidupan kita.
Berawal dari paradigma dan prinsip kita memandang hidup ini. Yang harus diluruskan dulu, jadi ketika mulai masuk ke 7 kebiasaan akan menjadi lebih mudah karena kita sudah memiliki sebuah paradigma baru. Untuk menjadi pribadi yang unggul kita harus Dari Dalam dulu Baru Keluar.
Naahh, gimana neh caranya? Pertama Uncle Stephen bilang Kemenangan pribadi lebih utama. Dan apa saja kah itu? Pertama adalah menjadi proaktif, kedua Merujuk pada tujuan akhir, dan yang ketiga adalah Dahulukan Yang utama. Setelah itu barulah kita bisa mencapai Kemenangan publik yang nantinya akan timbul yang namanya saling ketergantungan, tiga kebiasaan dalam kemenangan publik adalah Berpikir menang/menang, Berusaha mengerti terlebih dahulu baru dimengerti baru kemudian Wujudkan Sinergi. Barulah kebiasaan yang terakhir Prinsip Pembaruan Diri yang Seimbang dengan diakhiri harus Dari Dalam dulu Baru Keluar sekali lagi.
Secara garis besarnya aja saya coba jelaskan, karena bisa panjang lebar banget jelasinnya, namanya juga referensi ya gak? bikin orang pensaran buat baca :D

Saya setiap habis baca buku ini pasti diem dulu, minimal satu paragraf lah bacanya, diresapi sambil angguk-angguk, lamaaaa banget bacanya. Dapet berapa minggu ya? lupa saya satu bulan ada kali. Engga kaya baca novel semalam pun langsung habis!

Sebenernya seperti biasa iseng googling terus jadi terdampar di web nya Uncle Stephen, kok liat wajahnya yang familiar jadi pengen nulis tentang sosok karismatiknya itu. Saya baca juga Living in 7 habits of highly effective people, isinya tentang pengalaman orang yang terisnpirasi dengan uncle stephen ini. Betapa kuatnya tulisan seseorang sampai bisa mengubah kehidupan seseorang atau terinspirasi untuk melakukan sesuatu. Salah satu cita-cita idealisme saya neh...:D
Jadi buat teman-teman yang lagi cari refensi buku bagus, bukunya Uncle Stephen harus dijadikan salah satu list dalam daftar belanjaan buku bulanan Anda....;)




2 komentar:

  1. Mba kalau mau pesan buku ini kemana ya? aku chek ke gramed** adanya 8th habits, apakah itu sama? tapi pic covernya tidak sama seperti diatas, tolong infonya ya mba, emailkan aku aja di link2_smilly@yahoo.com, thx a lot

    BalasHapus
  2. agan boleh tahu beli buku ini dimana ?
    apakah di gramedia ada ?
    tolong di infokan donk :) email di tilimyang@gmail.com
    thxxx bgt gannn

    BalasHapus